Tujuan Kerja Bagi Lulusan Terbaik Jurusan K3 – Tidak banyak orang yang tahu bahwa saat ini sudah ada Jurusan Teknik https://losbanditoshotdogs.com/ Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3). Program studi yang satu ini memang masih terasa asing di telinga banyak orang, namun ternyata jurusan ini sangat dibutuhkan di dunia industri. Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3) ini masuk ke dalam golongan Saintek dan memiliki prospek kerja yang cukup luas. Secara umum, Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3) merupakan program studi yang mempelajari tentang pengelolaan bahaya dan juga risiko yang berpotensi terjadi di lingkungan kerja atau proyek. Program studi ini juga akan mempelajari tentang bagaimana cara menangani bahaya yang ada di lingkungan kerja dan pencegahannya dengan tujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja dan juga risiko lainnya yang bisa terjadi.

Oleh karena itu, kamu akan belajar tentang bagaimana cara melakukan pengukuran terhadap berbagai faktor bahaya, melakukan pengawasan serta audit terhadap fasilitas di lingkungan kerja, dan lain sebagainya. K3 ini takl hanya membahas tentang keselamatan kerja di lingkungan proyek saja, tapi juga membahas tentang gizi kerja dan juga pengelolaan amdal. Awalnya, Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3) adalah peminatan yang ada di prodi Kesehatan Masyarakat. Akan tetapi, seiring dengan tuntutan yang tinggi akan pengelolaan aspek K3 yang baik di berbagai macam perusahaan, maka dibukalah Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3).

Ada banyak sekali perusahaan yang semakin memperhatikan aspek K3 di lingkungan kerjanya, oleh karena itu Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3) ini sangat dibutuhkan oleh dragon slot perusahaan-perusahaan di berbagai macam industri, terlebih yang bergerak di bidang manufaktur, minyak dan gas, pertambangan, konstruksi, dan juga rumah sakit. Dengan adanua peraturan pemerintah yang mengharuskan adanya minimal satu orang yang ahli dalam K3 di setiap perusahaan, tentunya para lulusan Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3) tidak perlu khawatir terkait prospek kerja setelah lulus.

Prospek Kerja Jurusan K3

Menurut Permenaker No 2 Tahun 1992, setiap perusahaan yang memiliki 100 karyawan, atau dengan resiko pekerjaan yang tinggi, wajib memiliki ahli K3 Umum. Untuk menjadi ahli K3 Umum, kamu bisa mengikuti sertifikasi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Berikut gambaran profesi lulusan K3!

-Safety Inspector
-Safety Officer
-Corporate Safety
-Safety Auditor
-Higiene Industri
-Ahli Ergonomi
-Safety Coordinator
-Safety Advisor
-Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Ketenagakerjaan

Lulusan K3 dapat bekerja di berbagai sektor. Mulai dari pertambangan, manufaktur, transportasi, kesehatan, oil and gas, otomotif, retail, rumah sakit, dan sebagainya.

Kampus dengan Jurusan K3 di Indonesia

Di Indonesia, jurusan K3 ada yang berdiri aztec slot sebagai jurusan sendiri atau sebagai peminatan di jurusan Kesehatan Masyarakat. Gelar jurusan K3 yaitu S.KKK atau S.KM untuk jenjang S1, Sarjana Sains Terapan (S.ST) untuk jenjang D4, dan Ahli Madya untuk jenjang D3. Berikut perguruan tinggi yang menyediakan jurusan K3 di Indonesia:

  • Sarjana Keselamatan dan Kesehatan Kerj,a Universitas Indonesia
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UIN Jakarta
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UPN Veteran Jakarta
  • Sarjana Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran, UNJ
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UNDIP
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UNSOED
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UNNES
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, Universitas Udayana
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UIN Alauddin Makassar
  • D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, UNS
  • D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, UNAIR

Mata Kuliah Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3)

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3):

1. Komunikasi Kesehatan
2. Ilmu Biomedik Dasar
3. Pengelolaan Bencana
4. Biostatistik Dasar
5. Epidemiologi
6. Kesehatan Global
7. Dasar K3
8. Dasar Kimia & Fisika K3
9. Regulasi & Kebijakan K3
10. Manajemen K3
11. Ergonomi
12. Kajian Pra Rancang
13. Kesehatan Kerja
14. Penyakit Akibat Kerja & Surveilans
15. Pemeliharaan & Peningkatan Kesehatan Kerja
16. Pelayanan Kesehatan Kerja
17. Toksikologi Industri
18. Manajemen Risiko Keselamatan
19. Kebakaran & Bahaya Utama
20. Konsep Kecelakaan & Investigasi
21. Keselamatan Publik
22. Program & Implementasi Keselamatan
23. Higiene Industri
24. Manajemen Bahaya Kimia & Biomonitoring
25. Manajemen Bahaya Fisik
26. Manajemen Bising & Getar
27. Manajemen Kualitas Udara dalam Ruangan
28. Higiene Makanan & Sanitasi Industri
29. Penilaian Faktor Manusia
30. Bahaya & Risiko Psikososial di Tempat Kerja
31. Kesalahan Manusia & Pencegahannya